Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas iv SDN 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Melindah, Weni (2023) Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas iv SDN 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2317222_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317222_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberhasilan peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Sampai saat ini matematika masih dianggap pelajaran yang sulit oleh sebagian besar siswa. Banyak diantaranya yang kurang memahami materi sehingga mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dari berbagai pihak guna mendukung siswa dalam penguasaan mata pelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan? 2) Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas kelas IV SDN 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk menganalisis faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dilaksanakan dengan cara turun langsung ke tempat/lokasi yang dijadikan penelitian. Adapun dalam penelitian ini yang menjadi tempat/lokasi penelitian adalah SD Negeri 01 Sambiroto Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 10 dari 18 orang siswa di kelas IV yang mengalami kesulitan belajar matematika. Kesulitan belajar yang mereka alami berbeda-beda, diantaranya berupa kesulitan membaca, kesulitan memahami soal cerita, kelemahan berhitung, dan membedakan simbol matematika. Faktor yang mempengaruhinya berupa faktor internalnya yaitu kemampuan intelektual yang rendah, sikap belajar yang tidak fokus, minat dan motivasi yang rendah, dan keadaan fisik yang lemah. Sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan bermain dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Matematika, kesulitan belajar, faktor kesulitan belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:09
Last Modified: 20 Feb 2024 03:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5699

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item