Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Hidayah Majalangu Watukumpul Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023

Sugiyanto, Sugiyanto (2023) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Hidayah Majalangu Watukumpul Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221011 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (820kB)
[img] Text
5221011 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran mempunyai banyak manfaat, diantaranya bisa membangkitkan semangat belajar siswa. Siswa bisa termotivasi apabila guru memiliki cara yang inovatif dalam pembelajaran termasuk dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis Quizizz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Nurul Hidayah Majalangu Watukumpul Pemalang. Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi tersebut dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode qualitatif deskriptif yang mana akan mendeskripsikan implementasi media pembelajaran berbasis quizizz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam . Tehnik pengumpulan data menggubakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru SKI beserta beberapa peserta didik. Tehnik analisis data menggunakan teori Miles adan Huberman yang meliputi pengumpulan data, resuksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi media pembelajaran berbasis quizizz sudah dilakaukan oleh guru dan menunjukan kecenderungan bahwa siswa lebih terarik, termotivasi sehingga hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan prestasi siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya nilai yang signifikan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selain itu evaluasi dari implemtasi penggunaan media pembelajaran berbasis Quizizz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Nurul Hidayah cukup efektif hanya saja terdapat kendala salah satunya minimnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, Umi19840710202001D2023UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Quizizz, motivasi dan prestasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:06
Last Modified: 04 Dec 2023 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item