Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa inggris kelas V SD N Watesalit 01 Batang

Istiqomah, Fulanindo (2023) Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa inggris kelas V SD N Watesalit 01 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318157_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (684kB)
[img] Text
2318157_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Mempelajari bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu, yakni melalui lagu siswa dapat belajar beberapa hal dalam sekali “dayung” seperti misalnya kenyamanan belajar siswa, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris, penambahan kosakata, daya ingat terhadap suatu pembelajaran memalui lagu, penggunaan pronounciation atau pengucapan yang baik dan benar serta membentuk musikalitas yang bagus bagi siswa. Rumusan permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana perencanaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang (3) Bagaimana evaluasi lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: “(1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi media lagu dalam pelaksanaan bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang.” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas V di SD N Watesalit 01 Batang mengacu pada analisis CP, TP dan ATP, perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik, mengembangkan modul ajar, penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik, perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif, pelaporan hasil belajar dan evaluasi pembelajaran dan asesmen.. 2) Siswa kelas V di SD N Watesalit 01 Batang melakukan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu pada kegiatan pembuka dan kegiatan penutup. 3) Sistem penilaian pembelajaran bahasa Inggris kelas V materi “I’ve Got A Stomachache” menggunakan sistem Post Test dan Pair Work.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lagu, pembelajaran bahasa inggris
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:53
Last Modified: 20 Feb 2024 03:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item