Implementasi pembelaaran PAI berwawasan lingkungan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang

NI'MAH, FATKHIYATUN (2015) Implementasi pembelaaran PAI berwawasan lingkungan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110319 FATKHIYATUN NI_MAH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110319 FATKHIYATUN NI_MAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ni'mah, Fatkhiyatun. 2015. Implementasi Pembelajaran PAI Berwawasan Lingkungan Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang. Skripsi Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Miftahul Ula, M.Ag. Kata kunci: Pembelajaran PAI, dan lingkungan. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi pembelajaran PAI berwawasan lingkungan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang ini dengan alasan bahwa persoalan lingkungan merupakan pembahasan yang sangat urgen saat ini. Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana seharusnya bersikap terhadap lingkungan menyebabkan kerusakan lingkungan dan krisis lingkungan yang berujung pada terjadinya pemanasan global (global warming). Pendidikan sebagai sebuah wahana dalam penanaman nilai seharusnya juga bisa menjadi salah satu sarana dalam menanamkan nilai• nilai ramah dan cinta lingkungan pada generasi muda. Nilai-nilai ramah dan cinta lingkungan terkandung dalam Al Quran dan Hadits sebagai sumber ajaran Islam. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu upaya menanamkan nilai-nilai ajaran Islam seharusnya dapat mengintemalisasikan nilai Islam yang ramah dan cinta lingkungan tersebut dalam pelaksanaannya. Salah satu implementasinya adalah melalui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) di sekolah. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran PAI berwawasan lingkungan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI berwawasan lingkungan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi tersebut. Secara teoritis penelitian ini berguna untuk memperkaya khasanah perpustakaan tentang pembelajaran PAl (Pendidikan Agama Islam) yang berwawasan lingkungan dan untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAl yang berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik interview/wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI berwawasan lingkungan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Batang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI itu sendiri dan mendukung visi, misi serta tujuan sekolah dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan bcrbudaya lingkungan. Adapun bentuk pelaksanaan pembelajaran berwawasan lingkungan tersebut ialah dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan lingkungan (sikap ramah dan cinta lingkungan) dalam pembelajaran PAI kelas XI pada materi-materi yang relevan, seperti Al Quran Hadits dan Aqidah Akhlak melalui pemberian motivasi oleh guru kepada siswa saat proses pembelajaran baik xii berupa nasehat secara lisan maupun guru menampilkan gambar atau video yang memperlihatkan akibat dari perilaku manusia yang bersikap tidak rarnah dan peduli terhadap lingkungan. Pelaksanaan pembelajaran PAI berwawasan lingkungan tersebut didukung oleh beberapa faktor diantaranya visi sekolah berkaitan dengan predikat adiwiyata, sarana prasarana sekolah, sarana dan prasarana sekolah berkaitan lingkungan yang sudah memadai, kondisi lingkungan sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah baik dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pelestarian lingkungan, serta kesadaran lingkungan seluruh warga sekolah yang sudah baik. Adapun faktor penghambatnya antara lain ialah materi pembelajaran yang kurang relevan serta mindset guru dan kebijakan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, dan lingkungan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:11
Last Modified: 03 Jan 2024 10:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5735

Actions (login required)

View Item View Item