Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) berbasis teknologi informasi di MIN 1 Tegal

Muttaqin, Zaenal (2018) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) berbasis teknologi informasi di MIN 1 Tegal. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran berbasis teknologi informasi bukan hal yang baru lagi. Bagi negara-negara maju mereka telah terlebih dulu dan lebih maju dalam menerapkan berbagai teknik dan model pendidikan berbasis teknologi informasi. Keterampilan menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran merupakan salah satu kemampuan pedagogik guru berkaitan erat bagi kualitas (baik buruknya) kegiatan pembelajaran dikelas, berhasil tidaknya kegiatan pembelajaran tergantung dari kemampuan guru bagaimana mengelola pembelajaran yang dilaksanakan. Rumusanpermasalahanpenelitian ini adalah: Bagaimanakah Perencanaan pembelajaranPendidikan Agama Islam berbasis Teknologi Informasi di MIN 1 Tegal?Bagaimanakah Pelaksanaan pembelajaranPendidikan Agama Islam berbasis Teknologi Informasi di MIN 1 Tegal?Bagaimanakah Evaluasi pembelajaranPendidikan Agama Islam berbasis Teknologi Informasi di MIN 1 Tegal? Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama islam berbasis Teknlogi Informasi dan bagaimana solusinyaTujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi di MIN 1 Tegal. Untuk mengetahui Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi di MIN 1 Tegal.Untuk mengetahui Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi di MIN 1 Tegal.Kegunaan penelitian ini adalah : Memberikan masukan bagi warga sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam, Menjadi referensi dan Informasi bagi guru pendidikan Agama Islam sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik berbasis Teknologi informasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) PembelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi MIN 1 Tegal antaralain, : a) PembelajaranPAI sudahmenggunakanperencanaan pembelajaran, b). PembelajaranPAI sudahberjalan dengan baik dengan indikator yang ada, c).Evaluasi PembelajaranPAI sudahberjalan dengan baik dengan indikator yang ada. Faktorpendukung : 1) Kemampuan Financial Sekolah, 2) Ketersediaan Sarana dan Prasarana, 3) Dukungansekolah, 4) Masyarakat , 5). Pemerintah. Faktorpenghambat : 1). Kemampuan guru tidak merata, 2) Perawatan Sarana dan prasarana , 3),Gangguan Jaringan 4) Gangguan Listrik.   Information Technology – based learning is nothing new. For developed countries they are first and more advanced in applying the state wide range of techniques and models of information technology – based education. Skill in using information technology in learning is one of the pedagogic abilities of teachers closely related to the quality (good or bad) of learning activities depens on the ability of the teacher the manage. The formulation of this research problem is: How is the Information Technology – based Islamic Religious Education learning in MIN 1 Tegal? How plan is the Information Technology – based Islamic Religious Education learning in MIN 1 Tegal?How implementation is the Information Technology – based Islamic Religious Education learning in MIN 1 Tegal?How Evaluation is the Information Technology – based Islamic Religious Education learning in MIN 1 Tegal? What are the factors that support and inhibit the Learning of information Technology – Based Islamic Education (PAI)and how is the solution? The research objectives are:To Find out the plan of learning on informasi Technology – Based Islamic education in MIN 1 Tegal.To Find out the implentation of learning on informasi Technology – Based Islamic education in MIN 1 Tegal.To Find out the evaluation of learning on informasi Technology – Based Islamic education in MIN 1 Tegal. Usefulness of this research are: Providing input for school residentstoimprove the quality of islamic religious education learning, as a reference and information for teacher of information, technology – based pedagogic competence so that islamic education can improve. This type of research is qualitative with descriptive approach. Data collection through: interview, observation and documentation. Descriptive data analysis with three lines of data reduction, data presentation, and conclution. This research produce findings: (1) Learning Again learning a Islamic (PAI) based on Information Technology MIN 1 Tegal between : a). Learning PAI has usd learning planning, b). Learning PAI hasbeen running well with he existing Indicators, c) Learning Evaluation PAI has existed. Supporting factors : 1) School Financial capabilities, 2) Availabilty of Facilities an Infrastructure, 3) School Support, 4) Comunity, 5) Government. Inhibiting factors: 1). Teacher’s ability is not Evenly distributed, 2) Maintenance of Facilities and infrastructure, 3) Network disturbances, 4) Electricity disturbances

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Teknologi Informasi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:10
Last Modified: 15 Aug 2022 02:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item