Pengembangan penilaian berbasis website quizizz untuk penilain harian di sekolah dasar 05 Kota Pekalongan

Fatkhurrohmah, Fatkhurrohmah (2023) Pengembangan penilaian berbasis website quizizz untuk penilain harian di sekolah dasar 05 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318052_COVER BAB 1 DAN 5_dp.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2318052_full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran di era digital menuntut inovasi dalam proses penilaian untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Penilaian harian memiliki peran penting dalam memantau pemahaman siswa secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan, kepraktisan efektivitas penilaian harian berbasis website Quizizz pada tingkat kelas II di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan Analysis melakukan observasi dan wawancara di SD Islam 05 Kota Pekalongan, observasi yang dilakukan meliputi kegiatan proses pembelajaran, dan wawancara terhadap guru kelas guna mendapatkan data aspek analisis kebutuhan. Tahapan Design, tahap ini melakukan perencangan memuat kerangka media pebeajaran yang berisi sebuah sketsa design untuk membantu pembuatan media penilaian. Tahapan Development, pada pengembangan ini yang dilakukan ialah pembuatan media dan penyusunan materi. Lalu dilakukan validasi ahli media dan ahli materi, guna mengetahui kelayakan produk yang akan diimplementasikan kepada peserta didik. Tahapan Implementation, pada tahap ini merupakan lanjutan dari tahapan pengembangan, semua rancangan pada proses pembuatan media penilaian telaah dikembangkan setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Tahapan Evaluation, pada tahapan akhir mengenai bagaimana hasil dari respon guru dan hasil penilaian peserta didik dalam mengerjakan. Produk media penilaian yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan hasil sangat layak dengan rata-rata dari ahli media 83,3% dan ratarata dari ahli materi mendapatkan 88,6%. Pada penerapan media penilaian berbasis quizizz kepraktisan dari respon guru mendapatkan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat praktis, dan pada keefektifan diambil dari hasil penilaian nilai akhir peserta didik dalam mengerjakan mendapatkan rata-rata 85% dengan kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian, quizizz, evaluasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:15
Last Modified: 20 Feb 2024 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item