Implementasi program literasi membaca dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab peserta didik kelas XII SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan

Irawan, Riziq (2023) Implementasi program literasi membaca dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab peserta didik kelas XII SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2118126_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
2118126_FULL TEXT Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam upaya mendukung program pemerintah guna meningkatkan budaya literasi, SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan telah menerapkan program tersebut yaitu dengan menjalankan program literasi membaca, program ini dianggap baik dan harus diterapkan di sekolah yang memiliki visi mewujudkan sekolah berbasis pondok pesantren dengan memadukan keilmuan sains dan AlQur’an untuk membentuk generasi yang unggul, berwawasan kebangsaan dan ber akhlaqul karimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program literasi membaca dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui kendala apa saja yang terdapat dalam implementasi program literasi membaca dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab peserta didik. Penelitian ini membahas mengenai implementasi program literasi membaca dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab peserta didik kelas XII SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program literasi membaca dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab serta untuk mengetahui apa saja faktor penghambat pelaksanaan program literasi membaca dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab peserta didik kelas XII SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan. wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah, guru Pembina program literasi membaca, staff perpustakaan dan beberapa siswa kelas XII SMA Sains Cahaya AlQur’an Kota Pekalongan Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program literasi membaca di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Strategi yang digunakan yaitu dengan membuat jadwal pelaksanaan literasi secara terstruktur, menyediakan fasilitas literasi di lingkungan sekolah, dan mengadakan kegiatan tambahan guna mengembangkan kreativitas peserta didik melalui bidang literasi. Kendala pelaksanaan program tersebut yaitu sumber buku bacaan yang tersedia kurang bervariasi, alokasi waktu pelaksanaan program literasi yang terlalu singkat sehingga berpengaruh dalam proses pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrawan, RiziqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, program literasi, karakter jujur dan bertanggung jawab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:47
Last Modified: 06 Feb 2024 04:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5777

Actions (login required)

View Item View Item