Korelasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019

Rahmawati, Rizka (2019) Korelasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran adalah salah satu fakor yang berhubungan denganprestasi belajar siswa, untuk itu seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus menggunakan model pembelajaran dengan baik yang sesuai dengan materi terutama pada waktu pembelajaran agar tujuan pendidikan tercapai dan prestasi belajar siswa meningkat. Dengan demikian siswa lebih memperhatikan dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Adakah korelasi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP N 2 kelas VII Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019? 2) Berapa besar korelasi proses pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran PAI kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019?.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada korelasi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan kelas VII tahun ajaran 2018/2019? 2) Untuk mengetahui berapa besar korelasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran PAI kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Prestasi belajar siswa sebagai variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, dalam penelitian ini diambil sampel 15% dari jumlah populasi sehingga yang menjadi sampel adalah 35 siswa. Sampel ini diambil dari siswa kelas VII yang berjumlah 8 kelas. Jadi setiap kelas diambil 4 sampai 5 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik korelasi product momentdengan variabel independen model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan variabel dependen yaitu prestasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungankorelasi product moment mendapatkan hasil koefisien korelasi antara X dan Y (r_xy) sebesar 0,463. Pada taraf signifikan 1% r_xy = 0,463 >r_tabel = 0.334, pada taraf signifikan 5%〖 r〗_xy = 0,463 >〖 r〗_tabel= 0.430. Dan koefisien determinasi sebesar 21,43% Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memiliki keterkaitan yang erat dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, akan tetapi masih ada 78,57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain baik faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), prestasi belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 28 May 2020 03:11
Last Modified: 11 Jun 2020 06:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item