Etnomatematika Pada Gerakan Salam Seni Pencak Silat Setia Hati Cempaka Putih Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut SMP Kelas VII

Wulandari, Sukma Suci (2023) Etnomatematika Pada Gerakan Salam Seni Pencak Silat Setia Hati Cempaka Putih Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut SMP Kelas VII. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618005_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2618005_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Minimnya pemanfaatan budaya bagi sistem pembelajaran membuat budaya semakin terlupakan. Dengan adanya eksplorasi etnomatematika terhadap pembelajaran matematika membuat dampak yang positif bagi sistem pembelajaran terdapat model pembelajaran yang multikultural yang berhubungan dengan asas kesenian budaya sehinga budaya-budaya tersebut tidak punah. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk mendalami lebih dalam lagi terhadap kegiatan matematika yang ada dalam seni pencak silat Setia Hati Cempaka Putih untuk membangun minta peserta didik terhadap pembelajaran matematika peneliti menggunakan pencak silat Setia Hati Cempaka Putih sebagai media pembelajaran matematika. Penelitian ini dibuat untuk (1) mengetahui eksplorasi etnomatematika pada gerakan salam seni pencak silat Setia Hati Cempaka Putih. (2) untuk mengetahui implementasi etnomatematika pada gerakan salam seni pencak silat Setia Hati Cempaka Putih dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut siswa SMP kelas VII. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kulaitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler pencak silat Setia Hati Cempaka Putih kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat temuan etnomatematika pada gerakan salam setia hati cempaka putih pada aktivitas matematika. Aktivitas ini muncul saat posisi gerakan tangan pesilat. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh konsep matematika pada gerakan jurus salam setia hati cempaka putih untuk konsep matematika yaitu konsep garis dan sudut dan hubungan dua garis. (2)Berdasarkan konsep matematika, peneliti dapat menyusun bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) khususnya untuk materi garis dan sudut kelas VII SMP/MTS dengan konteks objek budaya seni pencak silat setia hati cempaka putih, dilaksanakan dengan cara membagi kelompok, diperoleh siswa dapat mengorientasi pada masalah matematika yang menghasilkan pengamatan berupa mengidentifikasi unsur matematis kemudian siswa juga dapat menyelesaikan persoalan matematika dan mempresentasikan. Peserta didik dapat menemukan, mengidentifikasi dan menyelesaikan persoalan yang diberikan berupa tes post-tes dengan perolehan nilai rata-rata 78,055.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Seni Pencak Silat Setia Hati Cempaka Putih, Garis dan Sudut.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:20
Last Modified: 01 Feb 2024 02:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5797

Actions (login required)

View Item View Item