Kholifah, Nur (2019) Pengaruh penerapan Metode Drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran seorang pendidik dituntut untuk lebih aktif dan kreatif. Selain itu, dalam proses belajar mengajar dapat dikatakan baik bila guru menguasai bahanajar dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode Drill merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, metode drill sering disebut juga dengan latihan. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas XI Agama MAN 1 Kota Pekalongan melibatkan siswa untuk hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi. Siswa yang ktif dan terus berlatih diharapkan mendapat prestasi belajar yang baik. yang sesuai dapat berpengaruh pada prestasi belajar yang didapatkan oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode drill di MAN 1 Kota Pekalongan? 2) Bagaimana prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama MAN 1 Kota Pekalongan? dan 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Kota Pekalongan?.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode drill di MAN 1 Kota Pekalongan. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama MAN 1 Kota Pekalongan.dan 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh antara penerapan metode drill terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Agama khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menghasilkan analisis yang menggunakanan alisis statistik.Teknik pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket dan metode dokumentasi. Responden yang dipilih yaitu sebanyak 48 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penerapan metode drillsebesar 69,25 termasuk pada kategori cukup baik, berada pada garis interval 69-73. Prestasi belajar siswapada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebesar 81,8125 termasuk pada kategori baik, berada pada garis interval 81-90. Selain itu, terdapat atau adanya pengaruh antara penerapan metode drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits yaitu sebesar 20,3%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan metode drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Kota Pekalongan sebesar 20,3%. Sedangkan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan - Metode Pembelajaran, metode drill, prestasi belajar, dan al-Qur’an hadits | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nora Septiani | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2020 04:07 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 04:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/581 |
Actions (login required)
View Item |