Implementasi pembelajaran berbasis 4c dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 pada siswa kelas V SD Islam 02 YMI Wonopringgo

Mardiana, Rizky (2023) Implementasi pembelajaran berbasis 4c dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 pada siswa kelas V SD Islam 02 YMI Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319046 RIZKY MARDIANA BAB I-V.pdf

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
2319046 RIZKY MARDIANA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran berbasis 4C ini merupakan pembelajaran yang unik dan berbeda dari pembelajaran lainnya karena dapat memasukkan 4 kegiatan dan keterampilan (communication, collaboration, critical thinking, and creative) sekaligus dalam satu kali pembelajaran. Pada kurikulum 2013, memasukkan kegiatan observasi, bertanya, bernalar, serta berkomunikasi dalam pembelajarannya. Pembelajaran tematik di kelas V SD Islam 02 YMI Wonopringgo sudah menerapkan kecakapan 4C, seperti guru selalu mengajak siswa untuk berkomunikasi dengan baik dan intens, membuat kelompok ketika pembelajaran, serta mengajak siswa untuk menilai hasil karya teman sebaya. Adapun untuk permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran berbasis 4C, faktor pendukung dan faktor penghambat terlaksananya pembelajaran berbasis 4C dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 pada siswa kelas V SD Islam 02 YMI Wonopringgo. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan ( field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam tahap perencanaan, guru membuat RPP dan menentukan metode serta media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam tahap pelaksanaan, guru memberikan apersepsi dalam kegiatan pembuka, menyisipkan kegiatan tanya jawab dalam kegiatan inti dan menarik kesimpulan bersama siswa dalam kegiatan penutup untuk meningkatkan kecakapan communication dan critical thinking, menyisipkan kegiatan berkelompok untuk melatih kecakapan collaboration, memberikan pertanyaan seputar materi dan mengarahkan siswa untuk menilai hasil karya teman sebaya untuk meningkatkan kecakapan critical thinking, serta membimbing dalam mengembangkan atau menciptakan karya untuk meningkatkan keterampilan creative. Pada tahap evaluasi, guru mengevaluasi kecakapan 4C dalam diri siswa melalui 3 aspek, yaitu: aspek sikap dengan observasi, aspek pengetahuan dalam bentuk tes tertulis atapun lisan, serta aspek keterampilan dalam bentuk unjuk kerja. Faktor pendukung implementasi pembelajaran berbasis 4C dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 pada siswa kelas V SD Islam 02 YMI wonopringgo adalah guru yang kreatif, iklim saling bantu antar pendidik, dan kerjasama yang baik antara guru dan wali siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumber belajar, suasana kelas yang kurang kondusif, dan peserta didik yang susah diatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, kecakapan 4c, pembelajaran tematik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 04 Dec 2023 09:03
Last Modified: 04 Dec 2023 09:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5823

Actions (login required)

View Item View Item