Pengembangan Media Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Materi Ta’aruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Al-Kitabah Kelas Vii Mts Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan

Prihartini, Hardiati Retno (2023) Pengembangan Media Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Materi Ta’aruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Al-Kitabah Kelas Vii Mts Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2217100_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (23MB)
[img] Text
2217100_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan seperti pada proses pembelajaran masih ada guru yang hanya menggunakan model konvensional dan hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa merasa bosan dan pasif dalam belajar. Selain itu, motivasi dan hasil belajar bahasa arab siswa kelas VII juga masih tergolong rendah dikarenakan mayoritas siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen lulusan SD Negeri dan minim pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an dilingkungan mereka. Oleh karena itu, peneliti memilih untuk meneliti tentang Pengembangan Media LKPD Maharah Al-Kitabah Materi Ta‟aruf Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan Media LKPD Materi Al-Kitabbah pada pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di MTs. Muhammdiyah Kajen? Dan 2) bagaimana kelayakan media LKPD pada pembelajaran bahasa Arab? Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media se kaligus menghasilkan sebuah poduk yang berupa media LKPD bahasa Arab materi Ta‟aruf dalam maharah Al-kitabah di kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model 4D terdiri atas empat tahapan. Pengumpulan data menggunakan validasi angket. Teknik analisis data diperoleh dari hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi serta hasil angket respons guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan proses pengembangan yang terdiri atas define, design, development dan disseminate. Hasil akhir dari validasi produk setelah direvisi diperoleh presentase dari validasi ahli media 90% dan validasi ahli materi 80% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket guru diperoleh presentase sebesar 90% dan angket siswa sebesar 80% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kualitas produk berupa kelayakan sehingga media LKPD dapat digunakan untuk media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media LKPD, model 4D
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:32
Last Modified: 07 Feb 2024 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item