Hikmah, Rizqiyatul (2019) Pengaruh mengikuti kegiatan keagamaan terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Dalam sebuah proses pendidikan diperlukan berbagai unsur yang mendukung demi tercapainya tujuan pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan. Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah kepala sekolah, guru, siswa, sarana prasarana dan kegiatan-kegiatan yang mendukung guna mengembangkan bakat dan minat siswa.Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka diperlukan cara sebagai penunjang dalam proses pencapaian tujuan tersebut, dan salah satu cara yang ditempuh adalah melalui pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah sebagai sarana pengetahuan baru bagi siswa selain itu juga sebagai sarana mengembangkan bakat dan minat siswa. SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading membuat suatu program yaitu kegiatan keagamaan. Yang mana dari kegiatan tersebut diharapkan mampu menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga mampu memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) bagaimana kegiatan keagamaan di SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang? (2) bagaimana prestasi belajar siswa mata pelajaran al-quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang?(3) apakah ada mengikuti kegiatan keagamaan terhadap prestasi belajar belajar siswa mata pelajaran al-quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode dokumentasidan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori responden dalam mengikutikegiatankeagamaanmenunjukkanbahwaterdapat18,34 sangatsering, 34,25 sering, 20,9 kadang-kadang, dan 3,566 tidakpernah mengikuti kegiatan keagamaan. Prestasibelajarsiswamatapelajaran al-quranhaditsmenunjukkanbahwa rata-rata prestasibelajarsiswamatapelajaran al-quranhadits 82,45mempunyaikategorisedang, yaitu 60,23 s/d 84,69.Tidak terdapat pengaruh antara mengikuti kegiatan keagamaan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran al-quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang, hal ini dibuktikan dengan ttes lebih kecil dari ttabelyaitu maka 1,22 < 2,008 dengan koefisien determinasi yang menyatakan pengaruh antara kegiatan keagamaan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran al-Quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang sebesar 4,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan - ekstrakurikuler, kegiatan keagamaan, prestasi belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nora Septiani | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2020 04:33 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 04:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/584 |
Actions (login required)
View Item |