Problematika Belajar Bahasa Arab Pada Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas IX Di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan

Zaman, Agung Ridwan Nur (2023) Problematika Belajar Bahasa Arab Pada Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas IX Di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219131_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2219131_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan yang memiliki hambatan dalam hal membaca (Qirā’ah) teks Arab dan juga siswa lebih memilih bahasa yang lebih mudah dipahami. Dengan bekal membaca teks Arab tersebut, peserta didik akan mampu mengetahui apa yang dibacanya seperti mempelajari bahasa Indonesia.Namun, jika dalam membaca teks Arab siswa masih kesulitan maka bisa saja kita akan kesulitan dalm melaksanakan perintah-perintah yang dianjurkan agama. Karena kenyataannya bahasa Arab tanpa kita sadari sering kita gunakan terlebih ketika kita melaksanakan sholat dan membaca Al-Qur’an dalam sehari hari. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu : Bagaimana bentuk kesulitan belajar Bahasa Arab pada Mahārah Qirā’ah di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan dan Apa saja faktorfaktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab pada Mahārah Qirā’ah di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait bentuk kesulitan belajar siswa dan juga faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan belajar yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field-research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SMP NU Kajen dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan terakhir yaitu verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam belajar bahasa Arab di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Kesulitan yang dialami siswa SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan meliputi kesulitan belajar bahasa bentuk linguistik dan non lingusitik. Kesulitan belajar bahasa bentuk linguistik meliputi kesulitan dalam aspek bunyi (Ashwat). Kesulitan belajar bahasa bentuk non linguistik meliputi kesulitan belajar yang disebabkan faktor Kurang mengenali bentuk tulisan Arab, Kurang latihan membaca bahasa Arab, Input siswa kebanyakan dari sekolah dasar, Lingkungan keluarga yang tidak mendukung, dan juga alokasi waktu yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh.NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Belajar bahasa Arab, Mahārah Qirā’ah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:21
Last Modified: 30 Jan 2024 09:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5853

Actions (login required)

View Item View Item