Pengaruh pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Windasari, Titik (2018) Pengaruh pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran peserta didik akan masalah-masalah yang dihadapi oleh umat manusia yang merupakan bagian dari kewajiban dan tanggung jawab pemeluk Agama Islam untuk memecahkannya, baik yang berkaitan masalah sosial, ekonomi, politik, dan budaya ataupun lainnya, dan mengajarkan keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk memecahkan semua problem tersebut agar dapat berpartisipasi dalam melakukan kebaikan dan amar ma’ruf nahi munkar, sehingga dapat terwujud suatu tatanan masyarakat baru yang lebih baik. SMP Negeri 2 Wiradesa yang memiliki siswa dari latar belakang sosial dan juga karakter siswa yang berbeda-beda akan mempengaruhi perkembangan pergaulan remaja. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wiradesa?, Bagaimana Akhlak siswa SMP Negeri 2 Wiradesa?, Adakah pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wiradesa, Untuk mengetahui Akhlak siswa SMP Negeri 2 Wiradesa, Untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai deskriptif presentase 80,20 terletak pada persentase 62,5-81,25 termasuk kategori baik, akhlak siswa dengan deskriptif presentase 76,04 terletak pada persentase 62,5-81,25 termasuk baik. Dan pada perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yaitu = 27,787 + 0,515X. Kemudian diperoleh ttest= 3,417. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel=2,012 maka ttest= 3,417> ttabel= 2,012 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada taraf signifikan 1% nilai ttabel=2,685 maka ttest= 3,417> ttabel= 2,685 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 28 May 2020 05:03
Last Modified: 12 Jun 2020 04:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item