Peran guru kelas dalam asesmen nasional berbasis komputer (anbk) kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Al Hikmah Tangkil Kulon

Majda, Muh Nafidza (2023) Peran guru kelas dalam asesmen nasional berbasis komputer (anbk) kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Al Hikmah Tangkil Kulon. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2317245 MUH NAFIDZA MAJDA BAB I-V.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
2317245 MUH NAFIDZA MAJDA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Al-Hikmah Tangkil Kulon melalui tiga tahapan, pertama; tahap pra ANBK yang terdiri dari kegiatan sosialisasi, pengelolaan personalia, pengelolaan peserta ujian, pengelolaan sarana prasarana serta simulai, kedua; tahap pelaksanaan ANBK yang dilakukan oleh peserta ujian dengan mengerjakan soal secara online melalui komputer dengan dipandu oleh operator dan diawasi oleh pegawas ujian, ketiga; tahap pra ANBK yang terdiri dari pengecekan akhir serta pembuatan laporan dalam bentuk berita acara. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui: 1)Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kelas V di MIS Al-Hikmah Tangkil Kulon 2) peran guru kelas dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kelas V di MIS Al-Hikmah Tangkil Kulon. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk pelaksaan ANBK dari mulai sarana prasarna dan mengetahui bagaimana peran guru kelas dalam menghadapi pelaksanaan program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di kelas V yang baru dilaksanakan. Secara praktis sebagai bahan masukan dan bahan evaluasi bagi sekolah dalam menghadapi pelaksaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kelas V selanjutnya di MIS Al-Hikmah Tangkil Kulon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Al-Hikmah Tangkil Kulon melalui tiga tahapan, pertama; tahap pra ANBK kedua; tahap pelaksanaan ANBK, ketiga; tahap pra ANBK. (2) Terdapat empat macam peran guru kelas dalam penyelenggaraan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Al-Hikmah Tangkil Kulon, pertama; sebagai pembimbing, kedua; sebagai operator, ketiga; sebagai teknisi, keempat; sebagai pengawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru kelas, ANBK
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:14
Last Modified: 05 Dec 2023 07:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item