Pengaruh Layanan Food Delivery (GrabFood), Promosi Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Ilmiah, Dalilah (2023) Pengaruh Layanan Food Delivery (GrabFood), Promosi Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119122_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4119122_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hadirnya teknologi canggih telah menciptakan sebuah fenomena baru dimana semua pekerjaan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pangan dapat dilakukan dalam satu genggaman yaitu melalui smartphone. Salah satu perusahaan teknologi yang telah berhasil dan optimal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yaitu PT Grab Indonesia dengan menyediakan layanan food delivery yang dikenal dengan GrabFood. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari layanan food delivery (GrabFood), promosi dan etika bisnis Islam terhadap omzet bisnis kuliner di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi 140 pelaku bisnis kuliner mitra GrabFood Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan sampel sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Isaac dan Michael. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai signifikansi layanan food delivery (GrabFood) sebesar 0,000, promosi sebesar 0,000 dan etika bisnis Islam sebesar 0,047. Selanjutnya secara simultan menunjukkan bahwa layanan food delivery (GrabFood), promosi dan etika bisnis Islam memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap omzet bisnis kuliner. Untuk hasil regresi didapatkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,571 yang bermakna bahwa 57,1% omzet bisnis kuliner dipengaruhi oleh Layanan Food Delivery (GrabFood), promosi dan etika bisnis Islam sedangkan sisanya 42,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Food Delivery, Promosi, Etika Bisnis Islam dan Omzet Bisnis Kuliner
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:56
Last Modified: 06 Dec 2023 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item