Pengembangan APE Gerobak Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA Bendan

Jannah, Farizmatul (2023) Pengembangan APE Gerobak Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA Bendan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2418045_Cover_Bab I dan Bab v.pdf

Download (569kB)
[img] Text
2418045_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan bahasa merupakan suatu sistem tata bahasa yang relative rumit, bersifat reseptif (dimengerti, diterima) maupun ekspresif (ditanyakan). Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi, perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK ABA Bendan masih kurang berkembang sesuai harapan. Hal ini dikarenakan masih terdapat anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa, sehingga anak mengalami kesulitan berkomunikasi secara verbal, dan kesulitan dalam pengucapan kata, selain itu bermain peran menggunakan APE jarang dilakukan saat pembelajaran. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah pertama, bagaimana pengembangan APE gerobak peran, kedua, bagaimana kelayakan APE gerobak peran, ketiga, bagaimana peningkatan kemampuan bahasa anak. Tujuan penelitian adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana pengembangan APE gerobak peran, kedua,untuk mengetahui kelayakan APE gerobak peran, ketiga, untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak. Pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu research & development (Rnd).Menurut Sukmadita Research & Delevopment adalah pendekatan penelitian untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada. Pendapat Sugiono metode research & development ialah penelitian untuk meghasilkan produk sekaligus menguji keefektifan suatu produk, sedangkan menurut Borg & Gall yaitu mengembangkan produk dan memvalidasi produk pendidikan. Penelitian ini mengacu pada pengembangan menurut Borg & Gall dengan menggunakan Sembilan langkah pengembangan, Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu; pertama, pengembangan APE gerobak peran memiliki beberapa permainan yaitu bakso suoer, sate buah yummy, sayur segar, dan gurita abjad. Kedua, Hasil kelayakan dari ahli media alat permainan edukatif gerobak peran menunjukkan rerata skor 4,81 masuk dalam katergori sangat baik dengan presentase akor 96 % kategori sangat baik, sedangkan hasil kelayakan ahli materi menunjukkan rerata skor 4,85 masuk dalam kategori sangat baik dengan prsesntase 97 % kategori sangat baik. Ketiga, Peningkatan bahasa anak di TK ABA Bendan dapat mengalami perkembangan yang pesat, dibandingkan sebelumnya, dari anak yang masih mulai berkembang menjadi berkembang sangat baik. Permaianan bermain peran yang sebelumnya jarang dimainkan, dengan adanya pengembangan APE Gerobak Peran ini membantu anak lebih tertarik untuk bermain peran, sehingga secara otomatis anak akan terlatih pengembangan bahasanya, anak mampu menguasai dan menggunakan bahasa verbal yang baik dan benar. Dapat dibuktikan anak mampu mengucapkan suku kata, berkomunikasi secara lisan, penggunaan kata penghubung, menggunakan kata sifat, menyusun kalimat Tanya, dan menyusun kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Metode Bermain Peran, dan APE
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:02
Last Modified: 13 Feb 2024 08:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item