Problematika Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang

Azam, Fahmi (2023) Problematika Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219070_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (768kB)
[img] Text
2219070_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Fahmi Azam. NIM 2219070. Problematika Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang. Dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah, salah satu aspek yang harus ditekankan adalah kosa kata bahasa Arab. Namun, pengajaran kosa kata bahasa Arab di sekolah sering kali menemui beberapa kendala dan masalah. Di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang, metode drill yang digunakan dalam pengajaran kosa kata bahasa Arab, dalam pelaksanaannya belum menghasilkan hasil yang signifikan dalam prestasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji lebih dalam tentang problematika metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang, untuk mengidentifikasi problematika yang muncul, dan untuk mengetahui solusi bagi guru dalam mengatasi problematika penggunaan metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data utama yang digunakan yaitu satu guru bahasa Arab, dan enam siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Islam Al Musthofa Taman Kabupaten Pemalang dilaksanakan dalam empat tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi/tindak lanjut, dan tahap penutup. Problematika metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab yakni problematika linguistik mencakup; siswa tetap merasakan kesulitan dalam memahami materi dan menulis mufradat. Problematika non-linguistik mencakup; kurangnya motivasi dari siswa untuk mempelajari mufradat, siswa memiliki stigma bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, proses pembelajaran yang dirasa monoton dan siswa kurang proaktif pada saat pembelajaran. Solusi bagi guru untuk mengatasi problematika tersebut yakni memberikan motivasi kepada siswa, penggunaan media pembelajaran yang mendukung dan menarik, sebaiknya guru memberikan bahan ajar/materi yang akan dipelajari terlebih dahulu kepada siswa, sebaiknya guru memberikan evaluasi dalam bentuk soal-soal latihan, pekerjaan rumah (PR), atau tugas secara rutin, dan membangun suasana belajar mengajar yang menyenangkan di kelas. Kata kunci: Problematika, Metode Drill, Pembelajaran Kosa Kata, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Metode Drill, Pembelajaran Kosa Kata, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:49
Last Modified: 06 Dec 2023 04:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item