Pengaruh Self Efficacy Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Sman 1 Wonotunggal Tahun Pelajaran 2022/2023

Noviyanti, Dina (2023) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Sman 1 Wonotunggal Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617023_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (23MB)
[img] Text
2617023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survei dimana mayoritas siswa Indonesia memiliki tingkat pemahaman konsep matematika yang tergolong rendah. Rendahnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa tidak hanya didasarkan pada kemampuan kognitif siswa. Siswa juga perlu mengembangkan keterampilan emosional saat belajar matematika. Self efficacy ialah salah satu aspek afektif yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep matematika. Siswa dengan self efficacy yang tinggi memiliki keyakinan bahwa mereka bisa melakukan sesuatu untuk mengubah hal hal di sekitarnya. Berdasarkan pendapat para ahli, disimpulkan bahwa efikasi diri berperan penting dalam memotivasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar, Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh self efficacy terhadap pemahaman konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh self efficacy terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini diharapkan bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis dalam bidang pendidikan terkait pengaruh self efficacy terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Wonotunggal yang berjumlah 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa dan ditentukan berdasarkan aturan Gay dan Diehl dimana jumlah minimum sampel untuk penelitian yang bersifat korelasional adalah 30 subyek. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes uraian dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linear sehingga dapat dilakukan teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi sederhana dapat dilihat nilai sig.0,000<0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Hal ini berarti self efficacy berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. kemudian koefisien determinasi pada kolom R square menunjukkan nilai 0,439 atau 43,9% sehingga dapat diartikan bahwa self efficacy berpengaruh secara signifikan dan positif sebesar 43,9% terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dan sebesar 56,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian, sehingga dalam pembelajaran selanjutnya diharapkan guru juga dapat memotivasi siswa agar lebih percaya diri dan tidak pantang menyerah dalam mempelajari ataupun mengerjakan soal matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Self Efficacy.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:39
Last Modified: 01 Feb 2024 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item