mplementasi Kegiatan Outing Class Dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun Di TK Nusa Indah Randumuktiwaren

Musyaahadati, Insani (2023) mplementasi Kegiatan Outing Class Dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun Di TK Nusa Indah Randumuktiwaren. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2419019-INSANI_COVER-BAB1-BAB5-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2419019_INSANI FULL TEXT.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan outing class dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini merupakan suatu upaya agar anak memiliki pengetahuan yang lebih luas melalui kegiatan outing class, selain itu juga merupakan suatu upaya guna meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal, salah satunya yaitu meningkatkan aspek perkembangan sosial anak. Sosial emosional anak perlu diasah dan dilatih sejak dini supaya anak memiliki sosial emosional yang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi kegiatan outing class dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nusa Indah Randumuktiwaren?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan outing class dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nusa Indah Randumuktiwaren? Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan outing class dalam mengembangkan sosial emosional anak menjadikan peserta didik merasakan belajar yang menyenangkan karena outing class juga memberi dampak yang baik untuk Kesehatan anak, dan juga membantu meningkatkan aspek perkembangan anak salah satunya yaitu sosial emosional anak. Peran guru dalam kegiatan outing class ini memberikan kenyamanan dan pengawasan kepada peserta didiknya. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi kegiatan outing class dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun Di TK Nusa Indah Randumuktiwaren yaitu terkait pemilihan lokasi dan terlalu banyaknya jumlah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Outing Class, Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:24
Last Modified: 15 Feb 2024 08:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item