Tiyas, Dwi Ayuning (2023) Peran ibu karyawan konveksi sebagai madrasatul ula dalam membina motivasi belajar membaca al-qur’an kepada anak di Desa Tegaldowo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117084_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2117084_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Peran ibu sebagai Madrasatul ula dalam membina motivasi belajar membaca Al-Qur’an kepada anak merupakan peran yang penting. Sebagai Madrasatul Ula ibu memiliki tanggung jawab dalam meningkatakan motivasi anak belajar membaca Al-Qur’an. Ibu memiliki tanggung jawab besar dalam mendidikan anak, dan dapat membagi waktu antara anak dan kesibukan pekerjaanya, sehingga anak dapat tumbuh menjadi generasi yang berkarakter Qur’ani. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar membaca Al-Qur’an anak di Desa Tegaldowo RT. 06 RW. 03 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana peran ibu karyawan konveksi sebagai madrasatul ula dalam membina motivasi belajar membaca Al-Qur’an kepada anak di Desa Tegaldowo RT. 06 RW. 03 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat ibu karyawan konveksi dalam membina motivasi belajar membaca Al-Qur’an kepada anak di Desa Tegaldowo RT.06 RW.03 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar membaca AlQur’an anak di Desa Tegaldowo memiliki motivasi yang berbeda-beda diantaranya yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. 2) Peran ibu karyawan konveksi sebagai Madrasatul Ula dalam membina motivasi belajar membaca AlQur’an kepada anak yaitu Peran ibu dalam memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikis, Ibu berperan sebagai pendidik, Ibu berperan sebagai contoh atau teladan dan Ibu berperan memberikan rangsangan (motivator). 3) faktor pendukung ibu karyawan konveksi yaitu Program mengaji di Desa, kemauan anak yang tinggi, kerjasama keluarga, dan Mengikuti kegiatan di Desa. Sedangkan faktor penghambat yaitu waktu yang terbatas, kurangnya pemahaman ibu dalam membaca Al-Qur’an dan kurangnya pengawasan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran ibu, madrasatul ula, motivasi belajar, membaca al-qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2023 08:11 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6041 |
Actions (login required)
View Item |