Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Salafiyah Wonoyoso Pekalongan Materi Perbandingan

Adi, Fuqi Xien Perdana (2023) Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Salafiyah Wonoyoso Pekalongan Materi Perbandingan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2619117_COver_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619117_Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penggunaan strategi belajar yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam mengajar. Kenyataannya banyak dijumpai cara mengajar guru matematika yang kurang bervariasi, kebanyakan guru sudah menggunakan strategi belajar yang berpusat pada siswa, tetapi belum dapat memanfaatkan kemampuan yang dimiliki siswa secara maksimal. Hal ini dapat mengakibatkan siswa cenderung pasif dan kurang terangsang untuk berpikir kreatif. Selain itu, rendahnya prestasi belajar siswa dikarenakan siswa tidak memiliki kesadaran bagaimana dia belajar Dalam pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien agar dapat menunjang pembelajaran salah satunya yaitu menggunakan Strategi metakognitif. Rumusan asalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTs Salafiyah Wonyoso?” Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design.Adapun teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Dengan penjabaran hasil pada penelitian ini sebagai berikut, Pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi metakognitif diperoleh skor post-test rata-rata yaitu 77.89 dari skor ideal 100 dan skor minimum 50.Pada kelas kontrol yang menggunakan selain strategi metakognitif diperoleh skor rata-rata yaitu 64.87 dari skor ideal dan skor minimum 45. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung = 3.948 sedangkan nilai ttabel 1,666 untuk nilai df = 74 dengan taraf signifikansi = 0,05. Dengan demikian nilai thitung=3.948 > dari ttabel =1,666 maka dapat disimpulkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan prestasi belajar matematika, sehingga dari pernyataan berikut yang berarti bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Salafiyah Wonoyoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Metakognitif dan Prestasi Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:35
Last Modified: 15 Jan 2024 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6060

Actions (login required)

View Item View Item