Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Nu Kesesi Ditinjau Dari Gender

Roziqin, Khoirur (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Nu Kesesi Ditinjau Dari Gender. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2618124_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2618124_Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Khoirur Roziqin. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP NU Kesesi Ditinjau dari Gender. Pembimbing: M. Adin Setyawan, M.Psi. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat, Prestasi, Matematika, SMP Prestasi belajar matematika siswa merupakan hal yang penting diperhatikan karena berkaitan dengan perkembangan kognitifnya. Kecerdasan emosional dan minat belajar serasi dengan prestasi belajar siswa karena memengaruhi pikiran dan cara berperilakunya. Lebih dalam lagi, perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh gendenya. Masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan minat siswa terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gender. Tujuan penelitiannya ialah mengetahui pengaruh kecerdasan emosinal, minat belajar, dan pengaruh keduanya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini berguna untuk pendalaman karakteristik siswa dalam hal kecerdasan emosional dan minat belajar sesuai gender siswa terhadap prestasi belajar matematika. Ex Post Facto dan pendekatan kuantitatif merupakan jenis dan pendekatan penelitian yang peneliti gunakan. Peneliti mengambil sampel Kelas VIII A dan VIII B SMP NU dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian menggunakan uji parsial dan uji simultan di tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Kecerdasan emosional berpengaruh dengan nilai signifikan 0,038 < 0,05 untuk gender perempuan dan 0,000 < 0,05 untuk gender laki-laki terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika. Minat belajar berbengaruh dengan nilai signifikan 0,012 < 0,05 pada gender perempuan dan 0,012 < 0,05 untuk gender laki-laki terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa. Hasil uji simultan kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pelajaran matematika dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil dari koefisien determinasi menunjukan bahwa pada gender perempuan diperoleh hasil 92,5% dan untuk gender laki-laki 99,1% terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat, Prestasi, Matematika, SMP
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:13
Last Modified: 08 Dec 2023 02:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item View Item