Salisa, Nazila (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEAM Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Di MA Darul Amanah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620092_NAZILA SALISA-COVER-BAB1-BAB5-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21MB) |
|
Text
2620092_NAZILA SALISA-FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
Asesmen kompetensi minimum (AKM) terdiri dari keterampilan membaca (literasi) dan berhitung (numerasi), dan survei karakter adalah pengganti Ujian Nasional (UN). Perubahan ini merupakan salah satu kebijakan baru dalam kurikulum merdeka. Kedua kemampuan ini sangat penting karena literasi dan matematika merupakan keterampilan dasar yang dibutuhkan siswa terlepas dari apa yang mereka inginkan dan lakukan di masa depan. Salah satu masalah dalam proses pembelajaran matematika adalah kegagalan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengidentifikasi masalah, yang menyebabkan mereka mendapatkan hasil yang tidak akurat saat membuat rencana dan menerapkan penyelesaian. Sehingga pada penelitian ini, peneliti memilih membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kevalidan dan keefektifan dari lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEAM pada materi trigonometri kelas X di MA Darul Amanah. Diharapkan produk tersebut dapat sesuai dan bermanfaat untuk peserta didik dan guru matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE atau Analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM yang dinilai berdasarkan angket validasi ahli media dan ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 93% dengan kriteria “sangat valid” dari ahli media dan 93,5% atau berkriteria “sangat valid” dari ahli materi, yang artinya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM yang dinilai berdasarkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 18,75% pada hasil pre-test dan 84% pada hasil post-test. Terdapat kenaikan nilai rata-rata antara 18,75% menjadi 86,66%, hal ini membuktikan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM efektif untuk digunakan sebagai media belajar dalam pembelajaran trigonometri
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja peserta didik (LKPD), STEAM, Trigonometri. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:24 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 03:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6076 |
Actions (login required)
View Item |