Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di Sdn 01 Lebakbarang Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan.

Abdullah, Bahauddin (2022) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di Sdn 01 Lebakbarang Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218021-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5218021-Fulltext.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

terlambat masuk sekolah maupun kelas, menggunakan seragam yang tidak sesuai dengan peraturan, ataupun terlambat dalam mengumpulkan tugas yang diberikan guru adalah hal yang perlu untuk segera disikapi dengan menumbuhkan kembali kesadaran berdisiplin peserta didik khususnya disiplin belajar dalam mengerjakan tugas sebab kelas yang disiplin merupakan faktor penunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. SDN 01 Lebakbarang salah satu Sekolah yang ada di Kecamatan Lebakbarang yang berprestatasi baik meskipun berada didaerah yang terpencil. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 01 Lebakbarang? Apakah keaktifan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 01 Lebakbarang? Apakah kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 01 Lebakbarang?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantiatitf dan dianalisis menggunakan rumus regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Program for Social Science) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 01 Lebakbarang, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai signifikansi kedisiplinan sebesar 0,017 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas 5 % (0,017 < 0,050). 2) Ada pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 01 Lebakbarang, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai signifikansi keaktifan belajar peserta didik di SDN 01 Lebakbarang sebesar 0,009 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas 5 % (0,009 < 0,050). 3) Ada pengaruh kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar secara simultan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 01 Lebakbarang Kecamatan Lebakbarang, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai signifikansi kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar peserta didik di SDN 01 Lebakbarang sebesar 0,015 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas 5 % (0,015 < 0,050).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisplinan Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:32
Last Modified: 15 Dec 2023 08:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item