Model Pembelajaran Drill Dan Gaya Belajar Kinestetik Untuk Mewujudkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Hadis Di Mi Darul Ulum Kauman Batang

Sholihati, Sholihati (2023) Model Pembelajaran Drill Dan Gaya Belajar Kinestetik Untuk Mewujudkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Hadis Di Mi Darul Ulum Kauman Batang. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5219032-Bab1&7.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5219032-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sholihati, NIM. 5219032. 2023. “Model Pembelajaran Drill dan Gaya Belajar Kinestetik untuk Mewujudkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Hadis di MI Darul Ulum Kauman Batang”. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. (2) Dr. Slamet Untung, M.Ag. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MI Darul Ulum Kauman Batang. Salah satu kompetensi yang harus dicapai adalah mendemonstrasikan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis. Namun kenyataannya pada kompetensi hafalan hadis ini, siswa masih kurang bersemangat dalam menghafal, terutama menghafal hadis dan terjemahannya. Sehingga, tingkat kemampuan hafalan siswa menunjukkan hasil yang masih rendah. Hal ini berimbas kepada hasil belajar yang kurang maksimal. Untuk mengatasi hal ini, model pembelajaran drill dan gaya belajar kinestetik diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana kondisi siswa sebelum penerapan model pembelajaran drill dan gaya belajar kinestetik diterapkan, bagaimana penerapannya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis serta apa implikasinya setelah diterapkannya model pembelajaran ini. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui kondisi siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran drill dan gaya belajar kinestetik. dan penerapannya dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis serta implikasi setelah diterapkannya model pembelajaran ini. Diharapkan dengan menerapkan model pembelajarn ini memacu semangat siswa dalam belajar, meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan tentunya menambah wawasan baru bagi peniliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan cara mengumpulkan data-data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu memerikasa keabsahan data memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data inti. Hasil penelitian menunjukkan sebelum adanya penerapan model pembelajaran drill dan gaya belajar kinestetik kemampuan hafalan hadis siswa masih rendah, model hafalan yang digunakan adalah hafalan secara mandiri, siswa menghafal sendiri-sendiri tanpa bimbingan guru. Melalui penerapan model pembelajaran ini, menambah semangat dan antusias siswa dalam belajar, karena menghafal dilakukan secara bersama-sama dan melalui gerakan–gerakan yang menyenangkan. Hasil evaluasi menunjukkan capaian yang lebih baik dari pada sebelumnya. Implikasi diterapkannya model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal hadis sekaligus terjemahannya dengan baik dan lancar. Sholihati, NIM. 5219032. 2023. “Drill Learning Models and Kinesthetic Learning Styles to Realize Student Ability in Memorizing Hadith in MI Darul Ulum Kauman Batang”. Thesis Master of Islamic Education, Post-Graduate Program UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Counselor: (1) Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. (2) Dr. Slamet Untung, M.Ag. Al-Qur'an Hadith subject is one of the subjects taught at MI Darul Ulum Kauman Batang. One of the competencies that must be achieved is to demonstrate memorizing the verses of the Al-Qur'an and Hadith. But in reality, in this hadith memorization competency, students are still less enthusiastic about memorizing, especially memorizing hadith and its translation. Thus, the level of student memorization shows results that are still low. This has an impact on learning outcomes that are less than optimal. To overcome this, the drill learning model and kinesthetic learning style are applied to improve students' memorization abilities. This study will discuss the condition of students before the application of the drill learning model and kinesthetic learning style are applied, how are they applied in learning the Al-Qur'an Hadith and what are the implications after implementing this learning model This research aims to find out the condition of the students before the drill learning model and kinesthetic learning style are applied. and its application in the learning process of Al-Qur'an Hadith and the implications after the implementation of this learning model. It is hoped that applying this learning model will stimulate students' enthusiasm for learning, improve the quality of learning the Al-Qur'an Hadith and of course add new insights to researchers. The method used in this study is a qualitative method, by collecting data from interviews, observation and documentation. To analyze the data using three stages, namely data reduction, data display and data verification. Test the validity of the data using triangulation, namely checking the validity of the data using something other than core data. The results showed that before the application of the drill learning model and kinesthetic learning style, student’s hadith memorization abilities were still low, the memorization model used was rote learning independently, and students memorized individually without teacher guidance. The application of this learning model increases the enthusiasm and enthusiasm of students in learning because memorizing is done together and through fun movements. The evaluation results show better results than before. The implication of implementing this learning model can improve students' ability to memorize hadith as well as translate it well and smoothly

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Drill, Kinestetik, Kemampuan Hafalan Keywords: Drill, Kinesthetic, Memorizing Ability
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 Dec 2023 09:39
Last Modified: 14 Dec 2023 09:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item