Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inovatif dan Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMP N 1 Kajen

Nadiah, Khairun (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inovatif dan Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMP N 1 Kajen. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5219055-Bab1&5.pdf

Download (12MB)
[img] Text
5219055-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya daya penggerak (minat) peserta didik dalam pembelajaran berbeda-beda. Tentunya perbedaan minat peserta didik dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga muncul rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Apakah penggunaan metode pembelajaran inovatif berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Kajen? 2. Apakah penggunaan motivasi berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik Kelas VIII di SMP N 1 Kajen? 3. Apakah penggunaan imetode pembelajaran inovatif dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Kajen? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara penggunaan metode ipembelajaran inovatif dan motivasi belajar terhadap minat belajar peserta didik di SMP N 1 iKajen Kabupaten ekalongan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Perolehan data primer penelitian di SMP N 1 kajen didapat dengan menyebarkan angket berkaitan metode pembelajaran inovatif, motivasi belajar dan minat belajar yang kemudian diolah menjadi suatu informasi. Kemudian didukung dengan melakukan wawancara dan mencari dokumen berkaitan SMP N 1 Kajen. Hasil penelitian diperoleh adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran inovatif terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Kajen karena nilai thitung (3, 869) yang mana lebih besar daripada nilai ttabel (1, 994), adanya pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Kajen karena nilai thitung (3, 814) yang mana lebih besar daripada ttabel (1, 994) dan adanya pengaruh secara simultan simultan antara metode inovatif dan motivasi belajar terhadap minat belajar peserta karena nilai Fhitung (20, 104) yang mana nilai tersebut lebih besar daripada Ftabel (3, 126).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorRohayana, Dedi AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Inovatif, Motivasi Belajar dan Minat Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:05
Last Modified: 12 Jan 2024 09:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item