تطوير وسائل تعليم اللغة العربية القائمة على نظام أندرويد 6 بالتطبيق على الفصل السابع المدرسة الثانوية Cs أدوبي فلاش هداية الأطفال بانيوريب أليت بيكالونجان

Nadia, Syarifatu (2023) تطوير وسائل تعليم اللغة العربية القائمة على نظام أندرويد 6 بالتطبيق على الفصل السابع المدرسة الثانوية Cs أدوبي فلاش هداية الأطفال بانيوريب أليت بيكالونجان. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5521007-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5521007-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Istilah Society 5.0 merupakan sebuah konsep untuk menindaklanjuti era revolusi industri 4.0. Era Society 5.0 adalah konsep masyarakat super cerdas yang mengintegrasikan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), big data, dan robot ke dalam setiap aspek kehidupan social. Solusi yang ditawarkan dari perkembangan teknologi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dikembangkannya media pembelajaran interaktif berbasis android yang memungkinkan siswa bisa belajar mandiri secara menyenangkan. Aplikasi Adobe Flash Cs6 menjadi aplikasi yang dipilih peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif karena memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis android dengan aplikasi Adobe Flash Cs6 pada kelas VII MTs Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Model yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Observasi, Wawancara, dan Teknik Angket/Kuesioner. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Observasi dan wawancara dengan metode Analisis Deskriptif, Analisis angket/Uji Responden menggunakan Uji Validator Ahli Materi dan Media serta analisis Uji Respon Peserta didik terhadap kelayakan media. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut, Produk penelitian pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis android. Media pembelajaran Bahasa Arab kelas VII berbasis android aplikasi Adobe Flash Cs6 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bersumber pada penilaian para ahli dan respon peserta didik. Persentase yang didapat dari penilaian ahli media sebesar 93,48% dikategorikan Sangat layak dan ahli materi sebesar 85,19% dikategorikan sangat layak. Selain itu hasil perolehan persentase respon peserta didik memperoleh skor sebesar 92,58% dikategorikan sangat layak. Oleh karena itu, jika dilihat dari hasil penilaian para ahli dan respon peserta didik secara keseluruhan dapat disimpulkan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis android aplikasi Adobe Flash Cs6 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Android, Adobe Flash Cs6
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:31
Last Modified: 15 Dec 2023 08:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item