Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Wonotunggal

Hidayah, Suci Nur (2023) Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Wonotunggal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619028_SUCI NUR HIDAYAH_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2619028_SUCI NUR HIDAYAH_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Komunikasi matematis merupakan kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan gagasan matematis secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan teori yang ada, rendahnya kemampuan komunikasi matematis disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya yaitu rendahnya self efficacy. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wonotunggal. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-6. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji statistik berupa uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan nilai sig. sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai Fhitung (22,962) > Ftabel (4,149). Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Persamaan regresi yang didapat yaitu Y = 19,729 + 0,765 yang berarti setiap perubahan satu satuan dari self efficacy (X) akan diikuti perubahan kemampuan komunikasi matematis (Y) sebesar 0,765. Kemudian, koefisien determinan (R2) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,418 yang menandakan bahwa faktor self efficacy memberikan kontribusi terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 41,8 %. Sedangkan 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Self Efficacy, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:22
Last Modified: 18 Dec 2023 04:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item