Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyyah Menggunakan Kitab Qiroati Dengan Metode Drill Di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo Kecamatan Comal

Aprilia, Dita Dwi (2023) Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyyah Menggunakan Kitab Qiroati Dengan Metode Drill Di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo Kecamatan Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120004_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120004_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Aprilia, Dita Dwi. 2023. Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyyah Menggunakan Kitab Qiroati Dengan Metode Drill Di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Stusi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Jauhar Ali, M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran Membaca, Kitab Qiroati, Metode Drill Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran membaca huruf hijaiyyah kepada santri agar lebih memahami dengan baik dan cepat. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait pembelajaran membaca huruf hijaiyyah dengan kitab Qiroati dengan metode drill dan faktor penghambat dan pendukung yang ada Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran membaca huruf hijaiyyah menggunakan kitab Qiroati dengan metode drill di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyyah menggunakan kitab Qiroati dengan metode drill di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo sudah baik dan sangat cocok, karena dengan keseimbangan kitab Qiroati yang praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu santri lebih memahami huruf-huruf hijaiyyah dan lancar pada saat pelafalan huruf lebih lancar. Adapun faktor penghambat dan pendukung dari ustadz dan ustazah faktor penghambat dari pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyyah Menggunakan Kitab Qiroati dengan metode drill di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo adalah keterbatasan waktu dalam pembelajaran, kurangnya fokus santri dalam pembelajaran, sedangkan faktor pendukungnya yaitu metode yang sangat cocok digunakan, dan sarana prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca, Kitab Qiroati, Metode Drill
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:22
Last Modified: 18 Dec 2023 06:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item