Implementasi metode imlā' manqūl pada maharah kitabah siswa kelas VII A di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan

Oktafiani, Silfi (2023) Implementasi metode imlā' manqūl pada maharah kitabah siswa kelas VII A di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219122_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2219122_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan menulis dengan metode imla’ yang dihadapi siswa dalam memperlajari bahasa Arab dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan bahasa Arab dikalangan siswa itu sendiri, hal itu disebabkan oleh perbedaan latar belakang sekolah Sebagian berasal dari sekolah dasar (SD) yang belum pernah mengenal dan mempelajari bahasa Arab. Disamping itu, yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) tidak semua mampu menuliskan kalimat bahasa Arab secara benar. Metode imlā' manqūl merupakan bagian dari maharah al-kitabah, yaitu salah satu metode yang dilakukan dalam pembelajran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan, menggunakan metode imlā' manqūl yaitu menyalin teks bacaan atau kalimat kedalam buku tulis masing-masing. Karena siswa mengalami kesulitan menulis bahasa arab bila tidak mencontoh. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana implementasi metode imlā' manqūl dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kitabah di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan? 2) Apa Kelebihan dan kekurangan metode imlā' manqūl dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kitabah di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui pengembangan imlā' manqūl sebagai metode pembelajaran bahasa Arab kelas VII A MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk mengetahui penilaian para ahli terhadap imlā' manqūl sebagai metode pembelajaran bahasa Arab kelas VII A MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan. 3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap dari imlā' manqūl sebagai metode pembelajaran bahasa Arab kelas VII A MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode imlā' manqūl dalam pembelajaran maharah al-kitabah di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan sudah baik, hal ini terbukti dengan adanya respon baik dari siswa ketika materi imlā' dituliskan kemudian menuliskan kalimat-kalimat di buku tulis masing-masing. Selain itu hasil evaluasi siswa juga terlihat sudah baik, hal itu dibuktikan dengan hasil nilai evaluasi yang rata-ratanya memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode imlā' manqūl, Maharah Kitabah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:51
Last Modified: 18 Dec 2023 02:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6219

Actions (login required)

View Item View Item