Upaya meningkatkan nilai moral dan agama anak usia dini melalui metode cerita islami di TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan

Kamila, Izza (2019) Upaya meningkatkan nilai moral dan agama anak usia dini melalui metode cerita islami di TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia taman kanak-kanak difokuskan untuk mengembangkan seluruh aspek potensi anak. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yaitu aspek pengembangan dan Pengembangan Nilai-nilai moral dan agama. Di dalam peningkatan dan pengembangannya mencakup moral, tingkah laku, dan karakter nilai-nilai agama, seperti sidiq, amanah, fathonah, tabligh. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana perkembangan moral anak didik TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan sebelum menggunakan metode cerita Islami; dan Bagaimana peningkatan nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode cerita Islami di TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan moral anak didik TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan sebelum menggunakan metode cerita Islami; dan untuk menganalisis peningkatan nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode cerita Islami di TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya meningkatkan nilai moral dan agama anak usia dini melalui metode cerita Islami di TK Muslimat NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan serta berdasarkan seluruh pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode bercerita Islami dapat meningkatkan nilai moral dan agama anak usia 5 – 6 tahun di TK Muslimat NU Karanganyar Pekalongan. hasil observasi yang telah dilakukan selama siklus I dapat dilihat bahwa melalui model pembelajaran dengan metode bercerita Islami belum secara optimal dapat mengembangkan perkembangan nilai moral dan agama pada anak. Setelah dilakukan tindakan siklus II melalui model pembelajaran dengan metode bercerita Islami sudah secara optimal dapat meningkatkan nilai Moral dan Agama anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral dan Agama, Metode Cerita Islami
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:57
Last Modified: 04 Jun 2020 02:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item