Peran Bi’ah Lugawiyyah Dalam Pembelajaran Mahārah Kalām Santri Kelas 1C Tarbiyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al Islāmiyah Di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tegal

Ulfasikha, Venna Ziska (2023) Peran Bi’ah Lugawiyyah Dalam Pembelajaran Mahārah Kalām Santri Kelas 1C Tarbiyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al Islāmiyah Di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219009_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2219009_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kendala santri dalam menerapkan bi’ah lugawiyyah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kurang mengertinya makna kosakata dan faktor ketidakpahaman dalam pembelajaran Mahārah Kalām. Sedangkan faktor eksternal meliputi pengaruh dari para mudabbir yang terkadang melanggar aturan wajib berbahasa Arab yang di buat sendiri oleh pihak mudabbir dan kurangnya pengawasan asatidz. Rumusan masalah dari penelitiaan ini adalah : 1. Bagaimana peran bi’ah lugawiyyah dalam pembelajaran Mahārah Kalām Santri Kelas 1C Tarbiyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al Islāmiyah Di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tegal ? 2. Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran mahārah kalām santri pondok pesantren Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tegal? Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: 1. Penerapan Bi’ah Lugawiyyah di pondok pesantren Darul Mujahadah prupuk margasari tegal merupakan kewajiban menggunakan bahasa Arab dan larangan untuk berbicara bahasa daerah maupun bahasa Indonesia dalam kesehariannya. Dalam pelaksanaanya terdapat tiga aktor yang berperan penting yaitu: asatidz, mudzabir, dan santri. Asatidz berperan sebagai penanggung jawab dengan tugas menegakan bi’ah lugawiyyah dan membuat peraturan yang diberikan kepada mudzabir untuk diterapkan kepada santri. Mudzabir berperan sebagai pengawas dan pengatur berjalannya bi’ah lugawiyyah serta mengembangkan peraturan yang dibuat oleh asatidz dan tentu telah disetujui olehnya. Santri berperan sebagai pelaksana bi’ah lugawiyyah. 2. Ada beberapa kegiatan harian yang membantu berjalanya bi’ah lugawiyyah dalam pembelajaran mahārah kalām santri, diantaranya kegiatan harian yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata, kegiatan mingguan yang dapat melatih berbicara bahasa Arab. Selain itu ada penambahan kosakata melalui gambar beserta bahasa Arabnya yang ditempel setiap tempat pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: bi’ah lugawiyyah, Mahārah Kalām
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:42
Last Modified: 18 Dec 2023 03:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6221

Actions (login required)

View Item View Item