Meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan melalui media permainan kotak angka di TKIT Al Fikri Medono Pekalongan

Wulandari, Ayu (2018) Meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan melalui media permainan kotak angka di TKIT Al Fikri Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan kemampuan anak mengenal simbol-simbol bilangan. Mengenal lambang bilangan sangat penting bagi anak karena merupakan modal dasar kemampuan mengenal matematika. Dalam pengenalan lambang bilangan perlu dilakukan dengan cara yang menarik, kreatif dan menyenangkan bagi anak. Salah satunya dengan kegiatan bermain, karena dalam pembelajaran anak usia dini menerapkan esensi bermain. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini dalam mengenal lambang bilangan melalui media permainan kotak angka di TKIT Al Fikri Medono Pekalongan? Apakah Media Permainan Kotak Angka dapat Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini dalam Mengenal Lambang Bilangan di TKIT Al Fikri Medono Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan melalui media permainan kotak angka. Manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan dan media permainan kotak angka, Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dapat memberikan inspirasi untuk mewujudkan model-model pembelajaran yang inovatif, serta sebagai sarana pengembangan dan peningkatan profesionalisme guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil dokumentasi yang berupa foto kegiatan, RKH, check list. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian di TKIT Al Fikri tentang meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan melalui media permainan kotak angka. Proses pelaksananaan penelitian yang berbeda cara dapat memberikan data hasil penelitian mengenal lambang bilangan melalui media permainan kotak angka sebagai berikut, Siklus satu kriteria belum berkembang tidak ada, kriteria mulai berkembang 16,67%, kriteria berkembang sesuai harapan 49,99%, kriteria berkembang sangat baik 33,33%. Meningkat pada Siklus dua dengan hasil sebagai berikut kriteria belum berkembang tidak ada, kriteria mulai berkembang tidak ada, kriteria berkembang sesuai harapan 24,99%, kriteria berkembang sangat baik 74,99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan dengan kotak angka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Lambang Bilangan Media Kotak Angka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:07
Last Modified: 04 Jun 2020 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item