Manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha dalam menghadapi era society 5.0.

Syarifudin, Ahmad (2023) Manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha dalam menghadapi era society 5.0. Masters thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
5221025-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
5221025-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi suatu Lembaga pendidikan. Sehingga maju tidaknya suatu Lembaga Pendidikan tergantung dari manajemennya. Tentunya manajemen yang dirumuskan harus sesuai dengan zaman, Di era sekarang sudah memasuki era society 5.0 sehingga lembaga pendidikan harus bisa menyesuaikannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana manajemen pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Fusha kedungwuni dalam menghadapi era society 5.0? faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Fusha kedungwuni dalam menghadapi era society 5.0? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Kemudian diuji validitasnya menggunakan teknik triangulasi, dalam hal ini triangulasi sumber dan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, manajemen pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Fusha dilalui dengan beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, tahap pengawasan dan tahap evaluasi. Kedua, pondok pesantren Al Fusha membekali life skill dan ketrampilan guna para santri setelah lulus dapat bersaing dalam merespon perkembangan zaman sesuai dengan minat santri. Ketiga, faktor pendukung manajemen pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Fusha yaitu SDM, sarana prasarana, alumni, wali santri dan juga dukungan dari masyarakat, sedangkan faktor penghambat manajemen pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Fusha yaitu jumlah pengurus yang masih minim, sarana prasarana yang masih kurang seperti ruang kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Pondok Pesantren, Era Society 5.0
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:13
Last Modified: 18 Dec 2023 06:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item