Etika belajar bagi penuntut ilmu menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab ta’lim al muta’allim dan relevansinya dengan pendidikan karakter MI/SD

Khafidah, Nur (2023) Etika belajar bagi penuntut ilmu menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab ta’lim al muta’allim dan relevansinya dengan pendidikan karakter MI/SD. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2023116034 NUR KHAFIDAH BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
2023116034 NUR KHAFIDAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Interaksi antara pelajar dengan guru adalah hal yang pasti terjadi dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu interaksi antara pelajar dengan guru semakin mengalami kemerosotan etika. Banyak dari pelajar yang tidak mempunyai rasa hormat terhadap guru. Padahal banyak kitab karangan ulama-ulama terdahulu yang menjelaskan etika belajar dan cara menuntut ilmu agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Salah satunya adalah kitab karangan Syaikh Az-Zarnuji yaitu kitab Ta’lim Al Muta’allim. Didalam kitab Ta’lim Al Muta’allim dijelaskan bahwa hal yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah transfer nilai adabiyah. Bukan hanya mengedepankan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga nilai adabiyah yang mengandung sebuah konsep pendidikan karakter. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana etika belajar bagi penuntut ilmu menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al Muta’allim?. (2) Bagaimana relevansi kitab Ta’lim Al Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuj terhadap pendidikan karakter siswa di MI/SD?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: untuk menjelaskan etika belajar bagi penuntut ilmu menurut Syaikh Az-zarnuji dalam kitab Ta’lim Al Muta’allim dan untuk menganalisis relevansi kitab Ta’lim Al Muta’allim terhadap pendidikan karakter siswa di MI/SD. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu buku terjemahan kitab Ta’lim Al Muta’alim karya Syaikh Az Zarnuji oleh Ust. M. Hamim sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu berbagai literasi yang menjabarkan mengenai isi nilai pendidikan karakter (etika) dari buku-buku, artikel, makalah, jurnal, ataupun informasi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan 10 poin etika belajar bagi penuntut ilmu dalam kitab Ta’lim Al Muta’alim yaitu: niat dalam mencari ilmu, mengagungkan ilmu dan ahli ilmu,bersungguh-sungguh dalam belajar,mencermati perkataan guru, berusaha dan berdoa, anjuran untuk berdiskusi, bersyukur, tidak mudah putus asa, senantiasa tawakkal, dan anjuran untuk saling mengasihi. Adapun relevansi kitab Ta’lim Al Muta’allim dengan pendidikan karakter siswa di MI/SD sebagai berikut: terdapat 94 nasehat Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al Muta’allim dan semua nasehat tersebut mengandung 18 nilai-nilai pendidikan karakter menurut kemendiknas RI yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika belajar, kitab Ta’lim Al Mutaallim, pendidikan karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:16
Last Modified: 18 Dec 2023 06:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item