Eksperimentasi penggunaan metode belajar di luar kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA di SDN 01 Wates Wonotunggal Batang

Salamah, Mukti (2023) Eksperimentasi penggunaan metode belajar di luar kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA di SDN 01 Wates Wonotunggal Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2023116045 MUKTI SALAMAH BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
2023116045 MUKTI SALAMAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya siswa yang kurang menyukai pembelajaran IPA dikarenakan cara belajar yang kurang bervariatif dan memberikan kesan membosankan, dan hanya sering membaca serta mendengarkan guru saat proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu metode pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik. Adapun rumusan masalahnya yaitu: 1. Adakah pengaruh dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran di luar kelas? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan metode pembelajaran di luar kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA di SDN 01 Wates Wonotunggal Batang, Untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran di luar kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA di SDN 01 Wates Wonotunggal Batang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen Kuasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN 01 Wates Wonotunggal Batang. dengan jumlah 1 Kelas yaitu kelas 4. kelasnya berjumlah 46 siswa. Pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya dengan menyebarkan kuesioner kepada 46 siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji t, dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran di luar kelas terhadap motivasi belajar sebesar 0,000 < 0,05. Berarti dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima. Jadi terdapat perbedaan positif signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran di luar kelas, motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:54
Last Modified: 18 Dec 2023 06:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item