Mazroah, Mazroah (2018) Implementasi pengenalan angka pada anak usia dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan Wonokerto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Pengenalan angka pada anak dalam pembelajaran matematika untuk mempemudah pengembangan kemampuan operasi penjumlahan sehingga anak mudah belajar mengenal angka. Menghitung merupakan cara belajar mengenal nama angka, kemudian menggunakan nama angka tersebut untuk mengidentivikasi jumlah benda. Perlunya sumber belajar yang konkret disesuaikan dengan tahap perkembangan berpikir anak RA/TK yang masih pada tahap operasi konkret. Oleh karena itu penyajian sumber belajar yang nyata dan sederhana akan sangat membantu berpikir anak. Dengan cara diberi kesempatan untuk belajar sesuai dengan taraf kemampuannya. Salah satu konsep matematika yang paling penting dipelajarai oleh anak usia tiga, empat dan lima tahun ialah mengembangkan kepekaan pada bilangan. Pada perkembangan kognitif anak direfleksikan dalam konsepnya mengenai zona perkembangan proksimal (zone of proximal development/ ZPD) adalah rangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak seorang diri tetapi dapat dipelajari dengan bantuan dan bimbingan orang dewasa atau anak-anak yang terlatih. Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Pengenalan Angka pada Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan Wonokerto Pekalongan. (2) Apa Sajakah Faktor Pendukung dan Penghambat Pengenalan Angka pada Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan Wonokerto Pekalongan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengenalan angka pada anak usia dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan Wonokerto Pekalongan. (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pengenalan Angka pada Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan Wonokerto Pekalongan. Metode penelitian ini menggukan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki.teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pengenalan angka pada anak usia dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan yaitu dengan media salah satunya media kartu angka bergambar, media dadu angka, dan menggunaan metode bermain. Ketiga jenis media tersebut anak mampu mengenal angka. 2) Tantangan dan hambatan yang dalam implementasi pengenalan angka pada anak usia dini di RA Muslimat NU Bahrurrohmah Wonokerto Wetan dapat dijumpai dengan keadaan anak, lingkungan maupun sarana pembelajaran, dan menjadi suatu tantangan ketika anak aktif pada saat pembelajaran. Lingkungan maupun sarana pembelajaran dapat menjadi hambatan ketika sarana pembelajaran yang dimiliki oleh lembaga tidak megitu mencakup anak dalam pembelajaran yang tersedia cukup tersebut tetap dapat membuat anak minat dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengenalan Angka, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2020 03:34 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2020 03:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/626 |
Actions (login required)
View Item |