Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PABP Kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang

Khamidah, Asih (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PABP Kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221018-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5221018-Fulltext.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Asih Khamidah, 2023, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PABP Kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: I. Dr. Slamet Untung, M.Ag., II. Dr. M. Ali Ghufron, M.Pd., 130 Halaman Kata Kunci: Penggunaan Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Gambaran awal penelitian ini berangkat dari potensi siswa yang memiliki ketertarikan dengan media pembelajaran yang berbasis audio visual. Ketertarikan inilah yang mendorong untuk dilakukan penelitian dengan tujuan mengukur apakah terjadi pengaruh antara penggunaan media audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh yang terjadi antara ariabel-variabel tersebut. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini ada empat, yaitu pertama apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media audio visual dengan hasil belajar? Kedua apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar? Ketiga apakah ada pengaruh antara penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa? Keempat berapa besar tingkat pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Data primer yang digunakan adalah berupa hasil angket dan hasil penilaian formatif siswa, data observasi sebelum penelitian, data wawancara dengan guru mapel, untuk data sekunder yang digunakan berupa profil sekolah, jumlah dan data siswa, serta data guru dan karyawan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teori Slovin dari 266 populasi, diambil 158 siswa untuk dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan dengan teknik analisis statistik parametris, yaitu dengan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan Uji T, serta untuk mengukur tingkat pengaruh menggunakan analisis koefisien regresi. Hasil penelitian ini menjawab hipotesis awal, yaitu enggunaan Media Audio Visual (X1), memiliki pengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y) dengan nilai 0,209. Hal tersebut dapat diartikan bahwa setiap peningkatan Penggunaan Media Audio Visual (X1) sebesar satu satuan maka akan menyebabkan kenaikan Hasil Belajar (Y) sebesar 0,209 atau 20,9% dengan asumsi variabel lain konstan. Koefisien regresi Motivasi Belajar (X2) sebesar 0,149 dan menunjukan arah positif terhadap Hasil Belajar (Y). Hal tersebut dapat diartikan bahwa setiap peningkatan Motivasi Belajar (X2) sebesar satu satuan maka akan menyebabkan kenaikan Hasil Belajar (Y) sebesar 0,149 atau 14,9% dengan asumsi variabel lain konstan. Hasil koefisien determinan menunjukkan pengaruh Variabel Penggunaan Media Audio Visual (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Variabel Hasil Belajar (Y) adalah 19,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan kesimpulan menerima seluruh hipotesis alternatif Ha, dan menolak hipotesis awal Ho.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:01
Last Modified: 19 Dec 2023 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item View Item