Khasanah, Rizqa Miftakhul (2023) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca Dan Menulis Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Slb Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319142_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2320006_FULL TEXT (1).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Khasanah, Rizqa Miftakhul. 2023. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca Dan Menulis Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran BahasaIndonesia Di SLB Negeri Batang. Skripsi ini jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing M. Adin Setyawan, M.Psi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang. Hasil informasi diperoleh bahwa ada beberapa tempat pendidik SLB yaitu SLB 1 dan SLB 2, dimana disekolahan tersebut anak tunagrahita ringan belum bisa membaca dan menulis, tetapi tidak halnya dengan SLB Negeri Batang ini disana anak tunagrahita ringan sudah dapat membaca dan menulis dengan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang.. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang, (2) Untuk mengetahui kendala dan solusi guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa indonesia di SLB Negeri Batang. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman: Kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis pada anak tunagrahita harus diajarkan secara terbimbing. Kemudian ada 5 upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis, yaitu (1) Memberikan bimbingan belajar membaca dan menulis (2) Memberikan jam tambahan (3) Menggunakan media pembelajaran (4) Membangkitkan mood belajar anak dengan nyanyian (5) Melibatkan Orang Tua. Kemudian Kendala dan solusi guru dalam upaya mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang ialah mengenai Tingkat kemampuan anak tunagrahita yang berbeda-beda. Solusinya dengan (1) Memberikan jam tambahan belajar membaca dan menulis (2) Membimbing anak membaca dan menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Upaya guru, Ketrampilan membaca dan menulis, Anak Tunagrahita, Bahasa Indonesia. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2023 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2024 07:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6304 |
Actions (login required)
View Item |