Khikmawati, Ira (2016) Strategi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk simpanan pernikahan (SI PERNIK) di KSPPS Tazakka Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2012113078 IRA KHIKMAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
|
Text
2012113078 IRA KHIKMAWATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Tazakka merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang berbadan hukum Koperasi Syariah atau Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPS). KSPPS Tazakka mulai berdiri pada bulan Juni tahun 2013. KSPPS Tazakka menghadirkan sebuah inovasi produk untuk masyarakat kalangan ekonomi menengah yang diberi nama Simpan Pernikahan (Si Pernik) yang bertujuan untuk kebutuhan hajat pernikahan.Di dalam strategi pemasaran tersebut, terdapat strategi marketing mix 4P yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. KSPPS Tazakka dalam menjalankan strategi marketing mix berusaha untuk meningkatkan pejualan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam upayapeningkatanpenjualanproduk si pernik di KSPPS TazakkaBojong Pekalongan, untuk mengetahui strategi yang paling efektif dalam upaya peningkatan penjualan produk si pernik di KSPPS Tazakka Bojong Pekalongan. Suatu produk yang diluncurkan tentunya tidak selalu berhasil dalam penjualannya, untuk itu perlu adanya strategi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Dengan ini Analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukka bahwa (1) strategi pemasaran penjualan produk simpanan pernikahan (si pernik) yang dilakukan oleh KSPPS Tazakka Bojong menggunakan segmentasi pasar, penentuan pasar sasaran, penetapan posisi pasal dan strategimarketing mix 4P yang meliputi (product, price, place, promotion). (2) Strategi paling efektif dalam meningkatkan penjualan produk simpanan pernikahan (si pernik) di KSPPS Tazakka Bojong menggunakan strategi jemput bola dan strategi promosi (promotion) penjualan produk si pernik menggunakan personal selling dan saluran distribusinya dibantu oleh nasabah yang sudah merasa puas dengan pelayan di KSPPS Tazakka Bojong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Peningkatan, Penjualan produk | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2023 06:33 | ||||||||
Last Modified: | 20 Dec 2023 06:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6366 |
Actions (login required)
View Item |