Citra Perempuan Muslimah Disabilitas Dalam Iklan Pond's Edisi Wajahmu Kekuatanmu

Fuadi, M. Farrih (2023) Citra Perempuan Muslimah Disabilitas Dalam Iklan Pond's Edisi Wajahmu Kekuatanmu. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419139_cover,BAB 1 & BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3419139_fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pond’s merupakan suatu produk kecantikan berupa sabun muka, serum dan lain-lain. Beberapa kali Pond’s berusaha menarik konsumen dengan tiap iklannya mempunyai tema berbeda. Termasuk edisi “wajahmu kekuatanmu” yang menarik adalah penggunaan tokoh disabilitas dalam iklannya. Pond’s ingin menunjukan bahwa kecantikan bisa saja berasal dari dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra perempuan muslimah disabilitas dalam iklan Pond’s edisi wajahmu kekuatanmu dan bagaimana strategi penerapannya dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa citra muslimah disabilitas yang muncul dalam iklan Pond’s edisi wajahmu kekuatanmu yaitu menggambarkan standar kecantikan yang baru berupa memiliki kepercayaan diri, mampu menjadi diri sendiri, punya kemampuan menguasai diri serta kecantikan dari dalam atau tindakan. Terlihat melalui tanda-tanda dan simbol-simbol yang mengandung maksud dan pemaknaannya masing-masing dalam penggambaran cerita pada iklan tersebut. tanda-tanda yang dipilih oleh pengiklan dimaksudkan untuk menyampaikan citra perempuan muslimah juga. Citra perempuan muslimah yang terlihat seperti penggunaan pakaian yang menutup aurat dan perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfad, M. Najmul199306192019031006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Iklan, Citra Perempuan Muslimah, Disabilitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:00
Last Modified: 22 Feb 2024 06:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item