Implementasi Media Al Qissah Al Mutaqaathi’ah dalam pembelajaran Maharah Kitabah di MA Hidayatul Athfal Pekalongan

Alfiana, Afrida (2019) Implementasi Media Al Qissah Al Mutaqaathi’ah dalam pembelajaran Maharah Kitabah di MA Hidayatul Athfal Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Siswa MA Hidayatul Athfal kurang menguasai pembelajaran bahasa Arab pada maharah kitabah (imla’ maupun insya’) karena menulis merupakan maharah (ketrampilan) yang paling sulit dibanding tiga maharah lainnya sehingga dibutuhkan media yang sesuai untuk menunjang pembelajaran dalam maharah kitabah yaitu dengan menggunakan media Strip Story atau yang disebut dengan media Al-Qissah Al-muthaqathi’ah. Media Al-Qissah Al-muthaqathi’ah merupakan media pembelajaran yang menggunakan potong-potongan kertas dimana dalam kertas tersebut tertulis cerita atau wacana yang sengaja dipotong-potong.Diharapkan dengan adanya media Al Qissah Al Muthaqati’ah siswa dapat termotivasi mengikuti pembelajaran sehingga siswa mampu mengungakapkan ide/gagasan penulisan bahasa Arab secara tepat dan benar baik itu ketika pembelajaran dikte (imla’) maupun mengarang (insya’). Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahansebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Media Al-Qissah Al-mutaqaathi’ahdalam pembelajaran maharah kitabahsiswa kelas XI IPA di MA Hidayatul Athfal Pekalongan?(2) bagaimana kelebihan dan kekurangan Media Al-Qissah Al-mutaqaathi’ahdalam pembelajaran maharah kitabahsiswa kelas XI IPA di MA Hidayatul Athfal Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan Implementasi Media Al-Qissah Al-mutaqaathi’ahdalam Pembelajaran maharah kitabah siswa kelas XI IPA di MA Hidayatul Athfal Pekalongan dan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan Media Al-Qissah Al-mutaqaathi’ahdalam Pembelajaran Maharah Kitabah siswa kelas XI IPA di MA Hidayatul Athfal Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode ini yaituprosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan menggambarkan atau melukiskan subyek dan obyek penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa penelitian ini dapat disimpulkan bahwaImplementasi Media Al-Qissah Al-mutaqaathi’ahdalam pembelajaran maharah kitabah di MA Hidayatul Athfal Pekalongan sudah cukup sesuai dengan pelaksanaanMedia Al-Qissah Al-mutaqaathi’ahpada umumnya. Adapun kelebihanmedia Al Qissah Al Mutaqaahti’ah di MA Hidayatul Athfal Pekalongan yaitumedia Al- Qissah Al- Mutaqaahti’ah merupakan media yang menarik, yang dapat membuat siswa tidak jenuh dalam belajar, apalagi pada jam terakhir pelajaran, dapat membuat siswa lebih aktif, bahan-bahan untuk Al- Qissah Al- Mutaqaathi’ah mudah didapatkan dan murah harganya serta mudah cara membuatnyasedangkan kekurangannya yaitu suasana akan gaduh atau ribut dan kelas sulit untuk dikelola

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Al Qissah Al Mutaqaathi’ah, Pembelajaran Maharah Kitabah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 11 Jun 2020 06:41
Last Modified: 11 Jun 2020 06:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item