Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MA Al-Mubarok

Pramumita, Permadi (2023) Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MA Al-Mubarok. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619066_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619066_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar matematika tidak lepas dari minat belajar maupun lingkungan sekolah belajar siswa. Sebagian besar siswa yang mendapat prestasi belajar kurang maksimal dalam matematika kerena menganggap matematika sulit, sehingga mereka kurang berminat belajar akhirnya prestasi belajar menurun. Dalam lingkungan sekolah yang memadai akan memudahkan peserta didik untuk memahami materi dan memudahkan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dalam hal ini minat belajar dan lingkungan belajar penting untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh minat belaj terhadap prestasi belajar matematika siswa MA Al-Mubarok Pekalongan (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa MA Al-Mubarok Pekalongan (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa MA Al-Mubarok Pekalongan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif jenis Ex Post Facto terdiri dari tiga variabel yaitu minat belajar (X1) dan lingkungan sekolah (X2) teramasuk variabel X dan prestasi belajar matematika termasuk variabel Y. Populasi yang terdapat di MA AL-Mubarok terdapat 3 kelas dan jumlah seluruhnya ada 77 siswa. Sampel yang digunakan peneliti mengunakan kelas X MIPA dan XI MIPA dengan jumlah 57 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik purposive sampling. Data dikumpulkan mengunakan angket dan dokumentasi serta mengunkan analisis regresi linear berganda dalam menganalisis data penelitian ini. Hasil penelitiannya menunjukan minat belajar siswa, lingkungan sekolah dan prestasi belajar matematika siswa dapat dikategorikan cukup. Hasil penelitiannya menyatakan minat belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa MA Al-Mubarok Pekalongan, hal ini dibuktikan dari thitung > ttabel (2,353 > 2,004) dengan nilai sig. 0,022 < 0,05. Adapun lingkungan sekolah tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa MA Al-Mubarok Pekalongan, hal ini dibuktikan dari thitung < ttabel 0,795 < 2,004) dengan nilai sig. 0,430 > 0,05. Kesimpulanya, minat belajar dan lingkungan sekolah mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa MA Al-Mubarok Pekalongan, hal ini dibuktikan dari Fhitung 4,485 > Ftabel 3,18 dan koefisien determinasi yaitu sebesar 14,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:42
Last Modified: 22 Dec 2023 08:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item View Item