Pengaruh persepsi siswa dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK N 2 Pekalongan

Lestari, Wulandari (2023) Pengaruh persepsi siswa dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK N 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619036_Bab I dan Bab V.pdf

Download (938kB)
[img] Text
2619036_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK N 2 Pekalongan yang terkenal sebagai sekolah kejuruan favorit di Kota Pekalongan. Setelah melakukan pengamatan, peneliti menemukan beberapa faktor yang mungkin berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disana. Diantaranya persepsi siswa yang berbeda-beda dan motivasi belajar yang dimiliki dalam diri siswa juga berpengaruh pada hasil belajar siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah persepsi siswa mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMK N 2 Pekalongan, (2) Apakah motivasi belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMK N 2 Pekalongan, (3) Apakah persepsi siswa dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X SMK N 2 Pekalongan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dokumentasi, angket, dan hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK N 2 Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,609 dan bernilai positif. Nilai koefisien determinasinya sebesar 0,371 menunjukkan bahwa persepsi siswa dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika sebesar 37,1%. Hasil pengaruh signifikan dibuktikan dengan nilai koefisien signifikan sebesar 0,000 yang berarti nilainya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi siswa dan motivasi belajar siswa maka akan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:48
Last Modified: 27 Dec 2023 03:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item