Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2

Hidayah, Nurul (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619019_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619019_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada perkembangan zaman ini, pola pikir kritis sangat diperlukan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi serta wawancara terhadap guru matematika di MTS S Simbang Kulon 2, kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar setiap siswa berbeda-beda. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS S Simbang Kulon 2. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2? 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap kemampuan berpikir kritis, terhadap hasil belajar matematika siswa, serta terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTS S Simbang Kulon 2 dengan metode quasi eksperimen dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 94 siswa. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa sebanyak 8 soal posttest. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2 dengan harga F sebesar 80,383. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2 dengan harga F sebesar 25,010. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbasis RME terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS S Simbang Kulon 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:36
Last Modified: 27 Dec 2023 07:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6495

Actions (login required)

View Item View Item