Nurmasitoh, Alviana (2023) Penerapan model pembelajaran berbasis Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619008_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2619008_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika di SMPN 1 Wonopringgo masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Hal tersebut membuat siswa jenuh dengan pembelajaran matematika yang menyebabkan nilai matematika siswa kurang memuaskan. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk meneliti proses belajar mengajar siswa di SMPN 1 Wonopringgo dengan menggunakan model pembelajaran berbasis student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan anatara hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis student facilitator and explaining dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Wonopringgo. Adapun tujuan dalam penelitia ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis student facilitator and explaining dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Wonopringgo berjumlah 256. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yakni kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah total 64 siswa. Hasil rata-rata hasil belajar kelas eksperimen nilai pre-test sebesar 46,09 dan nilai post-test sebesar 78,44, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar 70%. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test dan memperoleh hasil signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2023 03:01 | ||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2023 03:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6504 |
Actions (login required)
View Item |