Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan Kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika

Atika, Nanda (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan Kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619003_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2619003_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skipsi ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan guru matematika SMP Negeri 1 Pekalongan mengenai pembelajaran matematika materi statistika. Diketahui SMP Negeri 1 Pekalongan belum mengembangkan media pembelajaran berbasis android. Potensi banyaknya pengguna smartphone di sekolah tersebut belum dikelola secara optimal. Sarana dan prasaran sudah cukup memadai tetapi guru sangat jarang menggunakannya dalam pembelajaran. Pembelajaran lebih sering menggunakan buku paket dan lembar kerja siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika, bagaimana praktikalitas media pembelajaran berbasis android dengan kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika, dan bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis android dengan kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, menguji praktikalitas, dan menguji efektivitas dari media pembelajaran berbasis android dengan kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. ADDIE terdiri atas tahap Analisis (Analysze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuiesioner, dan tes. Teknik analisis datanya dengan teknik analisis data instrument studi lapangan, data instrument validasi, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android dengan kodular dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika. Melalui pengujian oleh beberapa ahli dan siswa didapatkan nilai sebesar 73,34% (ahli materi) dengan kategori Layak, 77,34% (ahli media) dengan kategori Layak, 86,6666667% (ahli bahasa) dengan kategori Sangat Layak, 96% (ahli praktisi) dengan kategori Sangat Praktis, dan 86,30303% (siswa) dengan kategori Sangat Praktis. Selain itu pengujian N-Gain nilai pretest dan post test siswa diperoleh data bahwa kelas kontrol 0.412491 atau 41.24910931%, sedangkan kelas eksperimen sebesar 0.70241 atau 70.24053388%. Kesimpulannya media layak dan sangat praktis meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Kodular, Hasil Belajar Siswa, Statistika
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:53
Last Modified: 28 Dec 2023 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6515

Actions (login required)

View Item View Item