Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Bantuan Macromedia Flash 8 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal (pada Materi Kubus dan Balok)

Aminuddin, Ahmad (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Bantuan Macromedia Flash 8 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal (pada Materi Kubus dan Balok). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618060_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2618060_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MTs Negeri 1 Tegal merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 sehingga model pembelajaran yang diterapkan sesuai kurikulum 2013 yaitu pembelajaran aktif dan kooperatif. Namun, dalam pembelajaran matematika terkadang sebagian peserta didik masih bersikap acuh, kurang berminat mempelajari terutama untuk membaca materi yang dipelajari dan masih suka bermain dengan teman lainnya sehingga kurang memperhatikan pembelajaran apalagi sekolah tersebut berada di lingkungan pondok pesantren yang tidak hanya belajar tentang pelajaran umum, peserta didik juga memperlajari pelajaran agama sehingga prestasi belajar pada materi geometri menjadi rendah. Dalam permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu dengan menggunakan Course Review Horay serta penggunaan Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran sangat membantu guru dalam mempersiapkan bahan ajar dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal sebanyak 377 siswa yang terdiri dari 13 kelas. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yakni diambil pada kelas yang diampu oleh guru tersebut dan keterangan kelas itu memiliki awal yang sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan independent sample t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan pada perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh t_hitung=10.878 dan berdasarkan tabel distribusi t pada signifikansi 0,05, nilai t_tabel=2,013, maka t_hitung>t_tabel, Sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Dan dapat diketahui juga nilai sig. (2-tailed) pada analisis independent sample t-test sebesar 0,000, maksudnya nilai 0,000<0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat dikatakan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dengan bantuan Macromedia Flash 8 efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Macromedia Flash 8, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:58
Last Modified: 28 Dec 2023 04:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6519

Actions (login required)

View Item View Item